Inilah 5 Tips memilih Gorden Jendela yang Terbaik

Pemilihan interior dan dekorasi rumah yang unik dan menarik saat ini menjadi tren di kalangan pemilik rumah. Mulai dari interior dinding, lantai, pemilihan furniture, pintu, jendela, dan sebagainya. Berbagai interior tersebut haruslah dipertimbangkan secara tepat agar tidak merusak interior lain dari konsep rumah anda.

Tips memilih Gorden

Salah satu interior yang cukup sering dilewatkan dan asal dalam pemilihannya adalah gorden atau tirai. Bahkan, sebagian pemilik rumah tidak mempertimbangkan kesesuaiannya dengan gaya rumah ataupun dominasi warna di ruangan. Padahal tirai tak hanya berfungsi sebagai penutup atau memberikan privasi, tapi juga menambah nilai estetika. Maka dari itu, ketahuilah tips memilih tirai jendela yang terbaik dan memberikan fungsi maksimal pada interior.

Tips Memilih Gorden Jendela yang Terbaik

Gorden Jendela

Dalam mempertimbangkan pemilihan tirai jendela, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Model

Sekarang ini ada banyak pilihan model tirai yang bisa anda sesuaikan dengan konsep dan gaya hunian. Misalnya saja untuk gaya rumah minimalis sederhana, sebaiknya pilihlah model gorden yang simpel seperti semi Spanyol. Hindari memilih model tirai yang full aksen seperti model Spanyol.

2. Bahan dan Transparansi

Tirai jendela tersedia dalam berbagai pilihan bahan dan transparansi, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan privasi. Contohnya saja tirai dengan jenis vitrase, blackout, semi blackout, katun, sutra, dan sebagainya. Untuk area ruang tamu atau ruang keluarga yang tidak membutuhkan banyak privasi, anda bisa menggunakan tirai vitrase atau semi blackout. Sementara untuk kamar tidur yang membutuhkan privasi tinggi, pilihlah kain blackout ataupun katun tebal.

Tak hanya itu, anda pun harus menyesuaikan bahan tirai ini dengan material dindingnya. Jika anda menggunakan dinding kaca yang memiliki transparansi tinggi, akan lebih baik jika memilih tirai yang tebal dengan transparansi rendah. Namun jika anda menggunakan bahan kayu, tirai tips dan transparan bisa anda pilih.

3. Warna

Warna gorden bisa anda sesuaikan dengan dominasi warna dan gaya hunian anda. Pilihlah warna warna yang senada ataupun bergradasi untuk menambah nilai estetika dan memperindah interior. Kalaua anda ingin menyesuaikannya dengan gaya  hunian, pilihlah tirai warna brown, krem, atau gold untuk kesan classic, serta warna netral dan soft untuk konsep modern minimalis.

4. Tema dan Motif

Agar lebih ideal dan memiliki keselarasan, pilihlah corak atau motif tirai yang cocok dengan tema dekorasi. Anda bisa menyesuaikan corak dengan dengan dekorasi sarung bantal, sprei, ornamen ruangan, ataupun karpet. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan tirai yang bercorak batik, berpola, geometri, bunga bunga, ataupun polos tanpa motif.

Motif batik sangat tepat anda aplikasikan untuk rumah bergaya tradisional. Untuk motif berpola dan geometri bisa diterapkan di rumah modern yang berukuran luas. Sementara tirai polos tepat untuk rumah minimalis, supaya memperlihatkan kesan luas dan leluasa pada ruangan di dalamnya.

5. Sistem pengait pada tirai

Tips selanjutnya yang harus anda terapkan dalam mendapatkan tirai terbaik, yakni pemilihan sistem pengait yang digunakan. Ada banyak pilihan sistem pengait yang harus disesuaikan dengan bahan tirai. Pengait track menggunakan sistem manual dalam pemasangannya. Sementara smoke ring, digunakan sebagai jalur untuk penyangga tiang tirai.

Demikianlah tadi tips memilih gorden terbaik dan sesuai dengan interior rumah anda. Dan yang nggak kalah pentingnya adalah memilih tirai sesuai dengan keinginan ataupun selera. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi suasana hati serta kenyamanan. Maka dari itu, terapkan tips di atas untuk memaksimalkan penggunaan tirai di rumah anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *